Layanan Pengaduan

Pengaduan bisa disampaikan melalui Petugas Meja Pengaduan (Mengisi Formulir Pengaduan) atau melalui website: https://siwas.mahkamahagung.go.id/

Konsultasi Gratis !

Seputar layanan pengaduan di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang.

Template Surat Pada Layanan Pengaduan

Contoh Surat Pengaduan Masyarakat dan Tanda Terima Pengaduan. Format yang kami sediakan ini dapat digunakan sebagai contoh dan panduan. Bentuk atau format baku yang dipakai untuk kepentingan Administrasi Pengaduan di Pengadilan akan mengikuti peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Pengaduan Masyarakat

Tanda Terima Pengaduan

Fasilitas Layanan Online Mahkamah Agung

Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu di jalan untuk melihat perkembangan perkara yang sedang anda ajukan. Cukup gunakan fasilitas online milik Mahkamah Agung dan PTUN Semarang di www.mahkamahagung.go.id dan di www.ptsp.ptun-semarang.go.id.

Petugas Pelayanan Yang Profesional

Setiap pelayanan pengaduan di PTUN Semarang dilakukan oleh tim yang expert dalam bidangnya dan berpengalaman. Kami siap memberikan pelayanan prima demi mewujudkan “Badan Peradilan Indonesia yang Agung“.

Frequently Asked Questions

Daftar pertanyaan (FAQs) yang sering diajukan oleh para pencari keadilan.

Apa itu whistleblowing system ?

“Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.” Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan. “Penanganan Whistleblowing tidak melayani pengaduan yang berkaitan dengan masalah perkara.”

Unsur pengaduan apa saja yang bisa dilaporkan ?

  1. What : Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui
  2. Where : Dimana perbuatan tersebut dilakukan
  3. When : Kapan perbuatan tersebut dilakukan
  4. Who : Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut
  5. How : Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dsb.)

Bagaimana kerahasiaan diri sebagai pelapor?

Badan Pengawasan Mahkamah Agung akan

merahasiakan identitas pribadi Anda sebagai pelapor

karena Badan Pengawasan hanya fokus pada informasi yang Anda laporkan. Badan pengawasan sangat berhati-hati dalam penanganan pengaduan dengan menjaga kerahasiaan Identitas Pelapor dan kerahasiaan Materi Pelaporan termasuk surat menyurat dan berkas penanganan Pengaduan sampai dengan adanya keputusan terbukti. Kerahasiaan akan tetap terjamin bila anda memperhatikan hal hal berikut :

  • Jika ingin identitas Anda tetap rahasia, jangan memberitahukan/mengisikan data-data pribadi, seperti nama Anda, atau hubungan Anda dengan pelaku-pelaku.
  • Jangan memberitahukan/mengisikan data-data/informasi yang memungkinkan bagi orang lain untuk melakukan pelacakan siapa Anda.
  • Hindari orang lain mengetahui nama samaran (username), kata sandi (password) serta nomor registrasi Anda.

Apa Hak-Hak yang saya dapatkan sebagai pelapor ?

Mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitasnya;

  1. Mendapatkan kesempatan untuk dapat memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun;
  2. Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan/Pengaduan yang didaftarkannya;
  3. Mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan;
  4. Mengajukan bukti untuk memperkuat Pengaduannya; dan mendapatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dirinya.

Bagaimana tahapan proses pengaduan yang dilaporkan ?

Selain Siwas dan PTSP PTUN Semarang, pengaduan bisa dilaporkan lewat mana lagi ?

  1. Layanan pesan singkat (SMS) Ke Nomor 0811-9699-900 dengan format SMS : nama pelapor#nip/no.identias pelapor#nama terlapor#satuan kerja terlapor#isi pengaduan.
  2. Surat elektronik (e-mail): [email protected]
  3. Telepon/Faksimile :021-29079177 / 021-21481233
  4. Meja Pengaduan Badan Pengawasan MA RI dan atau Meja Informasi di Pengadilan
  5. Surat, kirim ke:Kepala Badan Pengawasan MA RI Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 By Pass Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat – 13011 Atau Kotak Pengaduan Pada Badan Pengawasan

Konsultasi Via Zoom Sekarang